August 14, 2015

Inilah Penjelasannya Kalau Makan Nanas Mulut Terasa Gatal

Inilah Penjelasannya Kalau Makan Nanas Mulut Terasa Gatal

Berbicara buah nanas, jika Anda tinggal di desa, buah ini bisa dengan mudah Anda temui dan tentunya nanas adalah buah yang sangat populer di Indonesia. Bukan hanya di makan dalam bentuk buah segar, nanas juga sering hadir dalam berbagai masakan untuk memberikan rasa segar.

Beberapa dari Anda mungkin tidak suka makan nanas karena rasa gatal, atau terkadang seperti menusuk-nusuk, saat Anda mengunyah atau berada di dalam mulut Anda. Kira-kira bagaimana hal itu terjadi ya?

Iritasi pada mulut Anda saat makan nanas itu disebabkan oleh kombinasi berbagai enzim dalam nanas, yang disebut dengan bromelian, yang memecah protein (air liur mengandung protein), yang seolah "menyerang" lidah, pipi bagian dalam, serta bibir Anda saat terjadi kontak.

Namun saat Anda mengunyah dan menelan nanas, air liur dan asam lambung Anda akan menangkap bromelian tersebut. Jadi, rasa sakit atau gatal yang Anda rasakan saat makan nanas ternyata dirasakan oleh banyak orang, dan sudah menjadi masalah umum.

Untungnya, lidah Anda membentuk ulang protein dan asam amino yang terpecah tersebut, sehingga rasa sakit dan gatal tidak akan berlangsung lama.

Sudah bukan rahasia jika beberapa buah mengandung enzim yang dapat memecah protein, lemak dan karbohidrat. Beberapa buah juga memiliki jumlah enzim yang lebih banyak, seperti pepaya, kiwi, anggur, buah ara, alpukat, kurma, pisang, dan mangga.

Karena kandungan enzim itu pula, buah-buah seperti nanas, lemon, atau kelompok jeruk lainnya dipakai sebagai pemberi rasa dan untuk membuat daging lebih empuk, karena enzim tersebut akan memecah kolagen dalam daging.

Lantas mengapa iritasi tidak terjadi jika Anda makan nanas yang sudah dimasak? Proses apapun yang digunakan untuk memanaskan nanas akan menimbulkan reaksi kimia yang mengurangi enzim, serta meninggalkan rasa manis, karena kandungan gula pada buah semakin banyak.

Mengolah nanas menjadi minuman seperti smoothies, sorbet, atau mencampurkan dalam yogurt juga dipercaya mampu menghilangkan rasa gatal dan sakit yang ditimbulkan.

0 komentar:

Post a Comment

Selamat datang di blog Neil Klemz. blog ini adalah blog yang membahas seputar dunia kesehatan dan kecantikan.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2015. Neil Klemz - All Rights Reserved Neil Klemz by Neil Klemz